Black Hope

Visualisasi asa di bawah tempurung realita

Saat ini varian antivirus telah berkembang biak dengan pesat. Sampai tak terhitung jumlahnya. Entah itu lokal maupun bikinan bule sana. Kalo saya sendiri sih pake kompilasi AVG Internet Security dan Smadav..

Seiring dengan membanjirnya software antivirus saat ini, kita dituntut untuk pintar-pintar memilih antivirus yang akan kita gunakan sebagai tameng sekaligus pedang buat melindungi PC atau laptop.

Di internet ada sebuah organisasi yang membuat sebuah standar untuk melakukan pengecekan apakah antivirus yang dibuat oleh vendor berjalan baik atau tidak, prosedur ini seringkali dijadikan sebagai sebuah acuan untuk menilai antivirus, standar ini dibuat oleh EICAR.

Untuk mengecek apakah antivirus agan berjalan dengan baik atau tidak, bisa melakukan prosedur berikut :

1. Copy dan paste kode berikut ke dalam text editor, misal notepad
X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

2. Simpan pake nama apapun dan extension apapun bisa.
Jadi kalo si antivirus menemukan adanya script2 di atas yang dianggap aneh / mencurigakan, langsung dianggap virus. Kalo antivirus bekerja dengan baik, akan mendeteksi file tersebut. Kalo ga terdeteksi, silakan ganti antivirus lain aja.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Nama lengkap saya Heru Irfanto. Biasa dipanggil Heru, Shigeru Hirano, ato Jeruk.
Saya keturunan asli Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi saat ini saya sedang mengembara ke barat (Bintaro) untuk kuliah di STAN.

Lebih jauh tentang saya bisa dilihat di :
facebook
plurk
google
twitter